DLH Akan Uji Kualitas Air Sungai Bengawan Solo

- Tim

Kamis, 29 Maret 2018 - 15:38

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO.Netpitu.com – Air merupakan sumber yang sangat penting bagi kehidupan manusia, namun kebanyakan perairan justru menjadi tempat pembuangan sampah.

Sehingga mengakibatkan air menjadi keruh oleh beragam limbah mulai tinja, logam berat, pestisida dan lain sebaginya . Oleh karena itu diperlukan uji kadar air untuk mengetahui kualitas air itu sendiri . parameter pada kualitas air itu sendiri diantaranya parameter air limbah BOD dan COD. 

Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mulai hari ini akan melakukan uji lab terhadap kualitas air di Sungai Bengawan Solo.  Hal ini sebegaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bojonegoro, Nurul Azizah ketika dikonfirmasi Bagian Humas dan Protokol, Rabu (28/3) pagi tadi seusai memimpin apel pagi dipendopo.

Biochemical Oksigen Demand (BOD) atau disebut Kebutuhan Oksigen Biologis (KOB) adalah jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh organisme hidup untuk memecah atau mengoksidasi bahan-bahan buangan didalam air.

Sedangkan Chemical Oksigen Demand (COD)  adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi  bahan bahan organik yang terdapat dalam air secara kimia.

Dijelaskan bahwa saat ini kualitas air di Bojonegoro utamanya yang dari aliran sungai Bengawan Solo diatas baku mutu. Ini berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Pemerintah Propinsi.

Nurul mengungkapkan bahwa untuk Bojonegoro belum memiliki standart mutu selama ini kita mengacu pada standart dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Kini pihaknya akan mengajukan Peraturan Bupati Bojonegoro yang membahas tentang standart baku mutu air di wilayah Bojonegoro.

Baca Juga :  Konservasi Bengawan Solo Butuh Gerakan Berbasis Komunitas

Menurut Nurul, dinas mulai hari ini akan melakukan uji lab air sungai bengawan solo di mulai wilayah hulu di Kecamatan Margomulyo sampai dengan Hilir di Kecamatan Kanor.

Uji lab ini untuk mengetahui apakah kondisi kekeruhan dan pencemaran air sungai wilayah bengawan solo ini memang dari luar Bojonegoro maksudnya apakah dari hulu sudah demikian, atau justru kondisi diatas baku mutu ini terjadi di wilayah Bojonegoro.

Dengan uji lab ini akan diketahui kondisi secara riil air sungai bengawan solo. Kemudian sebagai pelengkap mengajukan perbub serta tindakan selanjutnya. Hanya saja kini berdasarkan uji dari Propinsi bahwa kualitas aair bengawan solo diatas baku mutu. Sebenarnya untuk pertanian saja sudah tak memenuhi standart. 

Baca Juga :  Antisipasi Bencana, Desa Sarangan Lakukan Sosialisasi Tanggap Bencana

Namun untuk memastikan lebih lanjut kita menunggu uji lab yang akan dilakukan hari ini. Ditegaskan dari uji nanti baru 3 minggu kedepan akan diketahui hasilnya.

Namun yang utama adalah kita akan mulai melakukan uji lab air di sungai bengawan solo.  dirinya berharap agar kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan senantiasa ditingkatkan salah satunya melalui hal sederhana jangan membuang sampah atau limbah apapun ke sungai.

(dan)

Berita Terkait

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh