oleh

Adm. KPH Parengan Launching KUPS ” Warung Jati Asri “

-BERITA-92 views

TUBAN. Netpitu.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan meresmikan warung kuliner milik Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) JatiAsri di dukuh Beton desa Parangbatu Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban tepatnya pertigaan jalan menuju arah keWana Wisata Prataan,Senin (28/03/2022).

Hadir dalam Acara tersebut Administratur KPH Parengan Slamet Juwanto beserta Asisten Perhutani ( Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan ( BKPH) Parengan Selatan, Asper BKPH Parengan Utara, Asper BKPH Mulyoagung, Kepala Sub Seksi Perhutanan Sosial, Kapolsek Parengan, Camat Parengan, Koramil, Parengan, Kepala desa Parengbatu, Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH) Jati Asri dan perwakilan Cabang Dinas Kehutanan,( CDK) Bojonegoro.

Pembukaan warung KUPS Jati Asri oleh Administratur KPH Parengan Selamat Juwanto dengan memecahkan kendi disaksikan oleh Kapolsek Parengan, Camat Parengan,Koramil Parengan dan segenap undangan.

Baca Juga :  Sekolah Dilarang Lakukan Pungutan Uang PIP

Warung Jati Asri bergerak dalam usaha kuliner dengan sajian istimewanya dan harga yang sangat terjangkau yaitu Sate kambing dengan harga per porsi Rp 25.000,00, Gule kambing per porsi Rp 25.000,00, Sate sapi per porsi Rp30.000, Sate ayam per porsi Rp 15.000, Sop Iga Sapi per porsi Rp30.000, Becek mentok per porsi Rp20.000, dan rica-rica Mentok satu porsi Rp 20.000. Warung makan ini buka setiap hari dari pukul 10.00 wib sampai habis. Menurut salah satu pengunjung yang datang dari Bojonegoro ibu Nurul merasakan sate kambingnya sangat empuk dan tidak alot sehingga recommended untuk dicoba.

Lusnari ketua KUPS Jati Asri mengatakan terimakasih kepada Perhutani dan Kepala desa Paragbatu atas dukungannya moril maupun materil, Perhutani yang memberi pinjaman modal melalui program PUMK sehingga bisa membuka usaha warung kuliner ini. “semoga dengan adanya kegiatan ini bisa merespon masyarakat supaya bisa aktif ikut dalam kegiatan usaha ini,”pintanya.

Baca Juga :  Koramil Dander Lakukan Perbaikan Tanggul Ngunut

Dalam kesempatan ini Slamet Juwanto mengatakan, grand opening warung KUPS Jati Asri ini merupakan tindak lanjut bagai mana Perhutani secara Corporate Social Responsibility (CSR) yang sekarang menjadi Tangung Jawab Sosial Lingkungan ( TJSL) dan Pendanaan Usaha Micro dan Kecil (PUMK) dalam rangka ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya KUPS JatiAsri
Di harapkan KUPS Jati Asri bisa menjadi salah satu KUPS andalan, karena Perhutanan Sosial menjadi program dari pemerintah bahwa bagaimana Perhutanan Sosial ini di dorong untuk menjadi system pengelolaan hutan, Perhutani diharapkan akan terus meningkatkan system kemitraan melalui Perhutanan yang produktif dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Diduga Alami Ganguan Kejiwaan, Ibu Hamil 8 Bulan Bunuh Diri

“Harapannya LMDH melalui koperasi bisa meningkatkan usaha produktif meningkatkan perekonomian dan bisa memberi lapangan pekerjaan pada masyarakat dan semoga usaha KUPS Jati Asri ini meningkat lebih maju”, harapnya.

Sementara itu Suwarno Kepala desa Parangbatu mengatakan saya ucapakan terima kasih kepada Perhutani khusus KPH Parengan yang telah mendukung kelompok KUPS ini bisa hidup mempunyai kegiatan- kegiatan seperti buka warung makan, ternak kambing dan budidaya tales bening semoga kerjasama ini berjalan terus,”harapnya.

(*/Ags).