oleh

BOP PAUD Semester I Segera Cair

BOJONEGORO. Netpitu.com – Dinas Pendidikan Bojonegoro segera cairkan Bantuan Operasional Pendidikan ( BOP ) untuk siswa Taman Kanak-kanak ( TK ) dan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) se Kabupaten Bojonegoro.

BOP diberikan pada setiap siswa Rp. 600 ribu per tahun, yang dicairkan dalam 2 kali tahap pencairan, Juni dan Desember. Dengan total BOP Rp. 31 milyar lebih.

Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Bojonegoro, Drs. Nandar, mengatakan saat sekarang ini proses pencairan masih dalam tahap verifikasi data.

Karena dalam kondisi pandemi corona proses verifikasi diatur setiap hari 5 kecamatan. Hal ini untuk menghindari penumpukkan guru yang datang ke kantor dinas pendidikan.

“Itupun yang datang hanya perwakilan dari kecamatan, tidak semua pengurus TK- PAUD datang ke kantor. Mereka cukup menitipkan berkas ke IGTKI dan Himpaudi kecamatan,” jelas Nandar, kepada netpitu.com di kantornya, Senin, (29/06/2020).

Berkas dari kecamatan yang akan diserahkan ke kantor dinas sebelumnya sudah dilakukan verifikasi terlebih dulu. Setelah tidak ada kekurangan baru dibawa ke kantor dinas. Maksutnya agar mereka tidak bolak-balik pulang pergi jika ada kekurangan atau kesalahan data.

Diakui Nandar, memang banyak terjadi kesalahan pada berkas yang dibawa ke kantor. Seperti alamat tidak sesuai DPA, selain itu juga NPHD dan penulisan angka nominal jumlah uang BOP yang diterimakan penulisannya sering terjadi kesalahan.

“Sebelum berkas kita kirimkan ke BPKAD kelengkapan berkas kita verifikasi terlebih dulu untuk minimisir kesalahan ” jelas Nandar.

Lebih lanjut dituturkan Nandar, jumlah lembaga PAUD dan TK yang menerima BOP sebanyak 1.872 dengan total jumlah siswa seluruhnya 51.888 orang anak.

“Untuk pencairan BOP semester l ini akan dicairkan Rp 15,5 milyar. Dengan masing-anak siswa akan menerima Rp. 300 ribu, dan Rp. 300 ribu sisanya akan diterimakan pada Desember mendatang,” jelas Nandar,

( vie )