oleh

BPNT Bojonegoro Baru Cair Awal Agustus

BOJONEGORO. Netpitu.com – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mulai awal Agustus 2021 ini baru akan dicairkan.

BPNT merupakan bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari Pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan atau e-warong yang bekerjasama dengan Bank.

“Dengan Tanggap untuk bulan depan mulai tanggal 1 hingga 7 Agustus tahun ini BPNT mulai diberikan kepada KPM yang ada di Bojonegoro”, ujar Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Bojonegoro, Titik Purnomo Rini, Kamis (29/07/2021).

Baca Juga :  Dukung PTM Terbatas, Kodim Bojonegoro Gelar Vaksinasi Pelajar SMK Negeri 4

Titik Purnomo Rini menjelaskan,di Bojonegoro total warga penerima BPNT sebanyak 94.612 warga yang berasal dari KPM dan 60.441 warga yang berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH). BPNT tersebut merupakan bantuan sosial yang eksisting.Artinya, program yang sudah berjalan sebelum kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat maupun level 4.

“BPNT ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran dan memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu. Untuk beras yang diberikan harus beras jenis premium, jangan sampai beras jenis lainnya. Kalau sampai bukan beras jenis premium,bagi penerima BPNT wajib dan harus melaporkannya kepada Dinas Sosial Bojonegoro”, tegas Titik Purnomo Rini kepada Netpitu.com.

Baca Juga :  Langkah Blunder, Sahabat Ganjar ?

Menurutnya,Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Ada tiga jenis bansos yang diberikan yakni Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Kita selalu mengevaluasi setiap Bansos yang diberikan oleh Kemensos.Jangan sampai Bansos tersebut tidak tepat sasaran(awuran). Untuk penerima Bansos yang meninggal dunia, pihak dari Dinas Sosial Bojonegoro akan segera mengalihkan kepada warga yang lainnya berdasarkan berita acara yang disetujui beberapa pihak yang terkait”,pungkas Titik Purnomo Rini.

Baca Juga :  Sidang Sengketa Tanah Eks SMA PGRI Bojonegoro Berakhir Damai

(Yon)