oleh

Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub

-GOODNEWS-209 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Memperingati hari jadi Desa Pacing, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoto, menggelar seni budaya tayub, Rabu, (28/09/2022). Tumpah ruah ratusan warga desa Pacing hadir menyaksikan seni budaya tayub.

Hadir dalam kegiatan tersebut wakil bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, pejabat Forpimca dan warga desa Pacing.

Menurut Kepala Desa Pacing, Didik Purwahyudi, pagelaran seni tayub ini merupakan puncak kegiatan sedekah bumi dan sekaligus memberikan hiburan bagi warga desa.

Tahun ini memang dipilih seni tayub sebagai hiburannya tapi untuk tahun depan direncanakan akan digelar pengajian akbar dengan mengundang penceramah kondang dari luar kota.

” Pagelaran tayub ini merupakan usulan warga desa dalam Musrenbangdes. Sedangkan untuk tahun depan akan digelar kegiatan pengajian akbar dengan mengundang penceramah kondang dari luar daerah. Biar nanti para tokoh agama dan masyarakat yang akan menentukan,” ujar Didik Purwahyudi.

Sementara itu, wakil Bupati Bojonegoro dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungan pelestarian budaya seni tayub yang telah menjadi budaya rakyat Bojonegoro.

“Berbagai kebiasaan yang membudaya di masyarakat Bojonegoro masih terus lestari dengan berbagai jenis kegiatan meski acaranya sama yakni sedekah bumi atau manganan ini,” ujar wakil Bupati Bojonegoro.

“Pesan saya, tetap saja lakukan semua kegiatan sesuai keyakinan masing-masing asal tetap dalam koridor kerukunan hidup bermasyarakat,” pesannya.

( yon )