Ratusan Ribu Santri NU Jatim Gelar Istighosah Kubro

- Tim

Senin, 29 Oktober 2018 - 01:27

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SIDOARJO. Netpitu.com – Ratusan ribu santri Nahdlayul Ulama (NU) yang datang dari segala penjuru wilayah di Jawa timur ini, meluber membanjiri Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Munggu, (28/10). Mereka menghadiri Istighosah Kubro yang digelar PWNU Jatim, dalam mempetingati hari Santri nasional.

Istighosah Kubro dihadiri Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar; Rais Syuriah PWNU Jatim, KH Ali Manshur; KH Agu Ali Masyhuri, pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Tulangan, Sidoarjo, KH Nurul Huda Djazul, pengasuh Ponpes Al Falah Ploso, dan KH Zainuddin Djazuli dan beberapa kiai sepuh lain di Jatim.

Baca Juga :  259 Pegulat Junior Ikuti Kejurprov 2018 di Tuban

Selain iterdapat beberapa kepala daerah yang turut hadir dalam Istighosah Kubro, hadir pula Cawapres yang merupakan kader NU, yakni KH. Ma’ruf Amin.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

KH. Ma’ruf Amin, tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, yang telah menetapkan tanggal 22 Oktobet sebagsi hari Santri Nasional. Ini menunjukkan kecintaan dan penghargaan Presiden Jokowi kepada santri.

Hari Santri ini, kata Maruf Amin, harus menjadi inspirasi bagi santri untuk menyiapkan diri sebagai penjaga negara, sebagai penjaga agama.

Baca Juga :  Mantan Jaksa Agung Prasetyo Sambangi SMP Negeri 2 Bojonegoro

Santri sekarang namanya santri mileneal atau santri jaman now. Oleh karenya santri jaman now harus lebih siap, lebih prepare untuk menghadapi tantangan yang dihadapi.

Oleh karena itu santri harus bisa membaca huruf-huruf Qur’an, harus bisa membaca huruf-huruf Allah yang termatub dalam tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa. Baik politik, ekonomi maupun sosial budaya.

Sebagai santri yang telah dilengkapi dengan ilmu, harus bisa membaca situasi dan kondisi. Bahkam harus bisa mencari solusi-solusi, untuk menyelesaikan problem-problem yang terjadi masa ini.

Baca Juga :  Belanja Lauk Pauk Rumdin Bupati Bojonegoro Terlalu Besar, LSM Angling Dharma Unjuk Rasa DPRD

“Oleh karena itu santri sekarang harus lebih siap, karena santri sekarang adalah santri melenial dan santri jaman now,” ujar KH. Ma’ruf Amin, yang menjadi Cawapres mendampingi Jokowi, di Pilpres 2019.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, mengatakan istighotsah kubro ini sekaligus bagian dari mengingat perjuangan kaum ulama, kiai dan santri yang punya jasa besar bagi Kemerdekaan Indonesia.

(ams)

Berita Terkait

Sekda Nurul Azizah Sapa Ribuan Warga di Pengajian Ning Umi Laila
Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa