Raih Kepatuhan Tinggi Dalam Pelayanan Publik, Kab. Tuban Dapat Penghargaan Dari Ombudsman

- Tim

Jumat, 29 November 2019 - 14:22

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Raih kepatuhan tinggi dalam penyelenggaraan  pelayanan oublik, Pemkab Tuban dapat penghargaan dari Ombudsman RI, Rabu, (27/11/2019).

Raih kepatuhan tinggi dalam penyelenggaraan pelayanan oublik, Pemkab Tuban dapat penghargaan dari Ombudsman RI, Rabu, (27/11/2019).

TUBAN. Netpitu.com – Pelayanan publik yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tuban sepanjang tahun 2019 mendapatkan apresiasi berupa Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi 2019 (Zona Hijau) dari Ombudsman Republik Indonesia.

Penghargaan ini diterima oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Tuban, Drs. Achmad Amin Sutoyo dari Wakil Ketua Ombudsman RI, Lely Pelitasari Soebekty, Rabu (27/11/19) di Grand Ballroom Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan.

Kepala Bagian Organisasi Setda Tuban, Drs. M. Mahmud, M.Si yang ikut hadir pada kesempatan ini menjelaskan bahwa Ombudsman RI telah melaksanakan penilaian dan pemeriksaan tingkat kepatuhan di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah terhadap standar pelayanan publik.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Penilaian tersebut bertujuan untuk mengingatkan kewajiban penyelenggara negara agar memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Baca Juga :  Pemdes Ngampel Jadikan Kantor Pemdes Lama Sebagai Rumah Isolasi

Mekanisme pengambilan data survei Kepatuhan dilakukan dengan mengamati tampakan fisik, observasi langsung, dan bukti pendukung lainnya pada sejumlah OPD pelayanan seperti Dinas Penanaman Modal PTSP dan Naker; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Periode pengambilan data dilakukan secara serentak se-Indonesia pada bulan Juli dan Agustus 2019 dengan total produk layanan yang disurvei pada tahun ini sebanyak 17.717 dan jumlah unit layanan yang disurvei sebanyak 2.366.

Penilaian menggunakan variabel dan indikator berbasis pada kewajiban pejabat pelayanan publik dalam memenuhi komponen standar pelayanan publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.

Baca Juga :  Keterlibatan PT Semen Indonesia Dalam Manasik Haji Kemenag Tuban Dipertanyakan

Sehingga diperoleh nilai maksimal/total sebesar 100 yang dibagi dalam 3 kategori dan diklasifikasikan dengan menggunakan traffic light system yaitu zona merah (0-50,50), zona kuning (50,51-80,50) dan zona hijau (80,51-100).

“Zona merah memiliki arti tingkat kepatuhan rendah, zona kuning berarti tingkat kepatuhan sedang dan zona hijau yang merupakan tingkat kepatuhan tinggi. Jika pada tahun lalu Tuban masih termasuk dalam Zona Kuning dengan nilai 70,76 Alhamdulillah tahun ini masuk pada Zona Hijau dengan nilai 90,27 dari 64 produk layanan,” terang Mahmud.

Adapun variable penilaian diantaranya adalah standar pelayanan publik; maklumat layanan; sistem informasi pelayanan publik; sarana dan prasarana, fasilitas; pelayanan khusus; pengelolaan pengaduan; penilaian kinerja; visi, misi dan moto pelayanan; dan atribut pelayanan.

Baca Juga :  Sah, Pengurus SMSI Bojonegoro Dilantik

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekda Tuban, Drs. Achmad Amin Sutoyo selepas menerima penghargaan ini mengungkapkan, predikat kepatuhan tinggi yang didapat oleh Pemkab Tuban menunjukkan bahwa dengan arahan Bupati dan Wakil Bupati Tuban selama ini, segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Tuban selalu berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Untuk itu saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan OPD dan segenap pegawai dilingkungan Pemkab Tuban, saya harap predikat ini dapat digunakan sebagai motivasi untuk dapat bekerja lebih baik lagi, sehingga hasilnya dapat dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat,” ujar Amin.

(met)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00