Ngintip Persiapan Festival Bengawan Bojonegoro

- Tim

Sabtu, 29 Desember 2018 - 21:37

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO. Netpitu.com – Jelang Festival Bengawan yang akan digelar Minggu, (30/12), bagaimana persiapan yang sudah dilakukan ?, wartawan netpitu.com mencoba mengintip apa yang sudah ada di lapangan.

Festival bengawan akan dimulai tepat Pukul 07.00 Wib, dengan peserta lomba perahu hias sebanyak 22 peserta. Start lomba dimulai dari lapangan Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu, dan berakhir finish di tambangan Banjarejo atau Pasar Bojonegoro.

Pada Sabtu malam, masih dalam rangkaian festival bengawan Bojonegoro digelar sarasehan dengan tema ” Budaya bengawan dan lingkungan”. Dengan nara sumber Bramantyo Priyo SSusilo dan Semar Suwito.

Pencemaran sampah masih menjadi topik utama dalam sarasehan Sabtu malam (29/12). Selain menumpuknya sampah rumah tangga, yang tak kalah hebatnya adalah pencemaran akibat penggunaan pupuk an organik, urea, yang tidak dapat terurai di sungai Bengawan.

Menciptakan budaya bengawan bersih dari sampah menjadi tolok ukur peradaban budaya hidup masyarakat modern.

Sementara itu, pantauan di lapangan, pada Sabtu siang (29/12), nampak baru beberapa perahu yang sudah dipersiapkan untuk melakoni lomba perahu hias.

Baca Juga :  Sikap Nasionalisme dan Anti Korupsi Harus Dimiliki Setiap ASN

Salah satu warga yang kebetulan berada di lokasi tempat start lomba perahu hias di Desa Sukoharjo Kecamatan Kalitidu  Hariyanto, mengatakan saat ini  panitia sedang melakukan pemasangan umbul-umbul dan panggung yang sudah terpasang .

Sedangkan para peserta yang bakal mengikuti lomba perahu hias, pantuan netpitu.com di lokasi lomba, baru ada tiga perahu yang sedang terparkir di sungai terpanjang di Pulau Jawa itu.

Baca Juga :  Proyek Penanganan Genangan Dan Pembangunan Trotoar Dr Sutomo senilai Rp.5.1 M Ditarget Tepat Waktu

Dengan dihiasi Bendera Merah Putih dan Pengeras suara Sound System.Dua Perserta berasal dari Desa Padang, Kecamatan Trucuk, dan dari Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu.

Sementara itu Ketua Panitia Festival Bengawan ketika dikonfirmasi netpitu.com mengatakan saat ini yang sudah daftar ikut dalam lomba Perahu hias sudah mencapai 22 Peserta .

Festival bengawan ini bertujuan untuk mengkampanyekan cinta sungai agar tidak buang sampah ke sungai. Sungai sebagai pusat kehidupan yang harus dijaga kelestariannya dan kebersihannya.

(dan)

Berita Terkait

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh