oleh

Dampak Covid-19 Bikin Anjlok Pendapatan Pedagang Lontong Lodeh

BOJONEGORO. Netpitu.com – Corona Viruse Disease ( Covid -19 ) bukan hanya membuat kalang kabut pemerintah, pengusaha dan pekerja swasta. Namun yang tak kalah merananya adalah pedagang lontong lodeh keliling. Lantaran dagangan yang dijajakan tak laku terjual.

Seperti yang dialami, Endang (61), warga Kelurahan Ngrowo, dalam beberapa hari ini omset penjualannya turun dratis. Beda dengan hari-hari sebelum adanya pandemi Covid-19.

Dulu setiap hari, Endang menghabiskan ayam 4 potong, tapi sekarang cuma 2 potong. Endang biasa menjajakan dagangan lontong sayur keliling kota. Dari jualannya tersebut ia bisa memperoleh pendapatan Rp. 600 ribu.

Tapi dengan adanya oandemi Covid-19 ini pendapatannya dari jual lontong sayur menurun menjadi Rp. 250-300 ribu per hari.

“Itu pendaparan kotor, belum dipotong biaya pembelian bagan baku lontong sayurm” tutur Endang.

Menurut Suwarto Ketua RW 01 Kelurahan Ngrowo, sejak adanya pandemimvirus corona omset penjualan seluruh pedagang keliling lontong lodeh di Jalan Mliwis putih merosot drastis.

“Setiap minggu jalan Mliwis putih iji selalu rame pembeli, tapi sekarang sepi. Untuk itu minggu depan kami menyarankan untuk tidak berjualan. Daripada sepi, dan sekaligus mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak berkumpul dengan banyak orang,” tutur Suwarto.

(yon)