oleh

Pemkab Bojonegoro Mulai Gelontorkan Rastra

BOJONEGORO.Netpitu.com – Setelah Kecamatan Kota dan Kecamatan Dander menerima Beras Sejahtera (Rasta) dari Kantor Dinas Sosial (Dinsos), hari ini (30/4/2018) giliran Kecamatan Kapas dan Kecamatan Sukosewu menerima Rasta dari Kantor Dinsos Bojonegoro.

Penerimaan Rasta dari Dinas Sosial tersebut disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPH) yang berasal dari Keluarga PKH maupun Non PKH. Rasta yang disalurkan kepada KPM tersebut merupakan jatah Rasta selama tiga bulan.

Sunjani, Kaur Umum Desa Sambiroto Kecamatan Kapas mengatakan, bantuan Rasta tersebut sangat dinantikan oleh warga desa yang terdaftar dalam KPM. Dikarenakan sudah tiga bulan ini bantuan yang berasal dari Dinas Sosial tersebut belum diterima.

“Desa Sambiroto terdapat 147 KPM yang berasal dari Keluarga PKH maupun Non PKH yang mendapatkan Rasta, setiap KPM akan menerima tiga sak, tiap sak berisi beras dengan berat 10 Kg”, terang Kaur Umum Desa Sambiroto Kecamatan Kapas.

Terpisah, Nur Affan Pendamping PKH Desa Sambiroto menjelaskan, untuk Kecamatan Kapas kurang lebih terdapat 2.300 KPM yang hari ini menerima bantuan Rasta dari Kantor Dinsos Bojonegoro. KPM yang akan mengambil Rasta diwajibkan membawa KTP dan KK.

“Untuk KPM penerima Rasta mengacu pada data dari BDT tahun 2015, semua penerima terdaftar pada aplikasi SIG N G. Untuk KPM yang meninggal dunia pihak Pemerintah Desa (Pemdes) harus melaporkan melalui aplikasi tersebut”, tutup Nur Affan selaku pendamping PKH Desa Sambiroto.

(pur)