oleh

Mulai Bulan Ini Calon Pengantin Wajib Ikuti Bimbingan

BOJONEGORO. Netpitu.com – Tingginya angka perceraian perkawinan di wilayah Indonesia akhir akhir ini, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mulai 1 Oktober 2017 setiap pasangan calon pengantin (Catin) diharuskan mengikuti bimbingan/diklat yang diselenggarakan pihak Kemenag Kabupaten/Kota.

Bimbingan Catin yang dilaksanakan selama enam belas jam berisi 6 materi yang disampaikan oleh berbagai narasumber seperti materi mengenai masalah kesehatan yang memberi pengarahan harus narasumber yang menguasai tentang kesehatan.

Syamsudin (28/10) Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Sukosewu mengatakan bahwa di wilayah Sukosewu dalam bulan ini sebanyak 21 Catin, tapi yang bisa hadir hanya 5 catin.

“Bimbingan/diklat catin yang diselenggarakan di Aula Kemenag Bojonegoro selama dua hari yaitu hari Sabtu dan Minggu, tiap hari 8 jam dengan materi yang berbeda serta Catin harus hadir tidak boleh diwakilkan”, jelas Syamsudin.

Syamsudin mengharapkan, bimbingan/diklat catin yang akan datang bisa diselenggarakan di masing masing KUA sehingga bisa menghemat waktu dan biaya serta untuk catin yang tidak bisa mengikuti bimbingan/diklat dari Kemenag, Catin bisa mengadakan bimbingan/diklat mandiri yang biayanya lebih mahal.

Pada bimbingan/diklat Catin yang ke tiga yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenah diikuti oleh 60 pasang calon pengantin yang berasal dari tujuh kantor KUA di wilayah Bojonegoro.

(pur)