oleh

Petani Padi Kalitidu Butuh Tambahan Pupuk

BOJONEGORO. Netpitu.com – Untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk yang tersedia di masing masing kelompok tani se Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro menginstruksikan kepada Kepala UPTD Pertanian untuk mengajukan kuota tambahan pupuk.

Manan Kepala UPTD Pertanian Kalitidu (30/10) mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Kalitidu satu bulan yang lalu sudah mengirimkan data mengenai tambahan kuota pupuk di Kantor Dinas Pertanian Bojonegoro supaya kelangkaan pupuk yang terjadi pada akhir tahun bisa terpenuhi.

“Wilayah Kecamatan Kalitidu tahun ini mengajukan tambahan kuota pupuk sebanyak 1.500 ton yang terdiri phoska, za, sp, urea dan petroganik. Mudah mudahan terealisasi semua sebelum akhir tahun”, terang Manan.

Walaupun Pemerintah Pusat mengharapkan bagi para petani mulai menganjurkan pemakaian pupuk organik, tapi yang paling penting kelangkaan pupuk jangan sampai terjadi. Kalau terjadi kasihan para petani untuk mendapatkan pupuk non subsidi yang harganya lebih mahal, keluh Kepala UPTD Pertanian Kalitidu.

Dijumpai terpisah, Mohammad Subeki Kepala Desa Mlaten Kecamatan Kalitidu mengharapkan kesediaan pupuk subsidi untuk wilayah Desa Mlaten masing tercukupi sampai akhir tahun. Hal tersebut dibuktikan keberadaan kios pupuk yang ada di Desa kelihatannya bisa mencukupi kebutuhan para petani jangan sampai pupuk tidak ada atau langka.

(pur)