oleh

Meninggal Dunia, Satu CJH Asal Tuban Gagal Berangkat

TUBAN. Netpitu.com – Sebanyak 1.009 Calon Jemaah Haji (CJH) Selasa (31/7), diberangkatkan ke asrama haji Surabaya untuk selanjutnya berangkat ke Mekah untuk menjalani serangkaian ibadah haji. Sedangkan satu orang CJH gagal berangkat karena meninggal dunia.

Bupati Tuban Fathul Huda, berdoa agar CJH berangkat dengan sehat dan kembali ke tanah air dengan sehat pula. Di samping itu, Bupati berharap para CJH juga dikaruniai kesabaran, lapang dada, dan sifat pemaaf. 

“Karena ketika di Makkah nanti akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai dunia dan karakter, maka harus mengamal sifat-sifat tersebut,” ungkap Bupati.

Secara khusus, Bupati dua periode ini menitipkan doa kepada CJH untuk mendoakan bangsa Indonesia, masyarakat di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Tuban. 

Pada kesempatan ini, Bupati memberikan tali asih kepada salah satu CJH bernama Sukartini. Perempuan ini adalah seorang penjual lontong yang berhasil berangkat haji setelah mendaftar sejak 2010 lalu.

Setiap harinya Sukartini menyisihkan penghasilannya sebesar 25 ribu untuk ditabung agar dapat berangkat haji. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, M. Sahid menerangkan pada tahun 2018 Kabupaten Tuban memberangkatkan 1.009 CJH yang masuk dalam kloter 42, 43, dan 44 embarkasi Jawa Timur. Khusus untuk kloter 44, calon jamaah haji Tuban akan tergabung dengan calon jamaah haji dari Pacitan, Surabaya, Gresik dan Bojonegoro. 

“Sebelumnya, jumlah CJH sebanyak 1.010 orang. Namun pada tanggal 26 Juli yang lalu, atas nama Sutarmin dari Kecamatan Senori dipanggil Allah,” terang Sahid. 

(gio)