oleh

Empat Balon Bupati Bojonegoro Daftar Bareng di PPP

BOJONEGORO. Netpitu. Com – Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan diselenggarakan tahun 2018. Beberapa Partai Politik (Parpol) di Bojonegoro telah membuka pendaftaran/penjaringan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang akan diusung dalam Pilkada Bojonegoro.

Partai Persatuan Pembangunan Bojonegoro merupakan Parpol terakhir yang membuka pendaftaran Cabup dan Cawabup setelah PDI Perjuangan, Nasdem, dan Hanura. Pendaftaran Cabup dan Cawabup di PPP dibuka mulai 24 Agustus 2017 sampai 31 Agustus 2017.

Choirul Anam Ketua DPC PPP Bojonegoro menjelaskan dibukanya pendaftaran Cabup dan Cawabup di PPP karena tidak ada kader internal partai yang diusung. Cabup dan Cawabup yang mendaftar di PPP, diwajibkan  membayar Rp 20 juta. Biaya tersebut bukan mahar politik, dana tersebut akan digunakan untuk Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) dan survei pendaftar serta kebutuhan pendaftar.

Pudji Dewanto merupakan pendaftar pertama di PPP selanjutnya disusul empat bakal calon lain yaitu Akmal Budianto, Mitroatin (Ketua DPRD Bojonegoro), Heru Suroso dan Setyo Hartono (Wakil Bupati Bojonegoro).

Mitroatin, Ketua DPC Golkar dan Ketua DPRD Bojonegoro kepada awak media menjelaskan bahwa untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Bojonegoro dalam Pilkada serentak tahun 2018 harus didukung perolehan 20 persen suara atau 10 kursi yang ada di DPRD Bojonegoro.

“ Golkar hanya mempunyai 7 kursi di DPRD sehingga harus berkoalisi dengan Parpol lain yang ada di Bojonegoro,” terangnya.

“Partai Demokrat dan Partai PAN di Bojonegoro tidak membuka pendaftaran Cabup dan Cawabup tapi Partai Golkar tetap menjalin komunikasi dan kemitraan. Sedangkan PPP membuka pendaftaran sehingga saya juga turut pendaftaran Cabup dan Cawabup di PPP,”tambah Mitroatin.

Menjelang penutupan pendaftaran Cabup dan Cawabup di DPC PPP jam 15:00 ada pendaftar yang mendaftar di PPP yaitu Heru Suroso. Yang diwakili oleh Amrozi, untuk mengambil formulir.

Amrozi menerangkan bahwa Heru Suroso masih dalam perjalanan, sehingga saya ditugaskan untuk mengambil formulir pendaftaran terlebih dulu.

Selain Heru Suroso, bakal calon yang datang mendaftar ialah Setyo Hartono, Wakil Bupati Bojonegoro. Setyo Hartono yang saat ini menjabat ketua Gerindra Bojonegoro, terpaksa harus mendaftarkan diri ke PPP lantaran partai Gerindra hanya memiliki 5 kursi di DPRD. Setidaknya dengan dukungan PPP dan Gerindra, orang nomor dua di Pemkab Bojonegoro bisa maju ke Pilkada Bojonegoro 2018.

(pur/dan)