Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi

- Tim

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 16:49

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi. Senin -Rabu, ( 26 - 28/8/2019).

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi. Senin -Rabu, ( 26 - 28/8/2019).

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sebagai langkah awal dari pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Bagian Ortala Pemkab Bojonegoro menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi, Penyusunan Peta Proses Bisnis, serta Penyusunan Dokumen Evaluasi Jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Senin hingga Rabu (26 – 28/8/2019).

Hadir sebagai narasumber dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur; Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Badan, Sekretaris DPRD, Inspektur, Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah, Direktur RSUD dan Camat se Kabupaten Bojonegoro.

Tujuan digelarnya sosialisasi tersebut adalah mewujudkan rencana pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Bojonegoro melalui penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Tahun 2018-2019.

Selain itu juga mewujudkan Peta Proses Bisnis Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan SKPD sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis.

Dan juga mewujudkan kelas dan nilai jabatan melalui penyusunan dokumen evaluasi jabatan guna persiapan penerapan e-kinerja pada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro, Hj. Anna Mu’awanah, di depan peserta sosialisasi mengatajan, sebagaimana telah dipahami bersama bahwa sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, pelaksanaan Roadmap Reformasi Birokrasi nasional telah memasuki tahapan akhir kedua. Namun hasilnya belum dapat terlaksana sesuai harapan.

Oleh karena itu diperlukan dorongan yang kuat dari seluruh instansi terutama komitmen pimpinan dalam mendorong instansinya menciptakan pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, bebas dari korupsi dan melayani.

Dari 8 (delapan) area perubahan pada Reformasi Birokrasi yaitu:
1. Organisasi, 2. Tatalaksana; 3. Peraturan Perundang-undangan; 4. SDM ASN, 5. Pengawasan; 6. Akuntabilitas; 7. Pelayanan Publik; 8. Pola pikir (Mindset) dan Budaya Kerja (cultureset)

Baca Juga :  Soal CSR Pertamina EP Sukowati Field Minta Pemdes Ngampel Ajukan Proposal

“Pada dasarnya kita telah melaksanakan, namun tidak dapat maksimal dikarenakan belum adanya pemahaman yang sama terkait tujuan akhir Reformasi Birokrasi,” kata Bupayi Bojonegoto, Anna Mu’awanah.

Untuk itu dengan semangat demi perbaikan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, mari satukan tekad dan langkah untuk menuju Bojonegoro yang energik dan produktif guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai langkah awal dari pelaksanaan reformasi birokrasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, maka kegiatan yang perlu dilakukan adalah, pertama menyusun Roadmap Reformasi Birokrasi sebagai sebuah rencana besar 5 tahun kedepan guna mewujudkan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Bojonegoro.

Kedua menyusun Peta Proses Bisnis sebagai pedoman hubungan kinerja antar SKPD dalam mewujudkan visi, misi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Ketiga penataan Sistem Manajemen ASN sebagai pelaksanaan Reformasi Birokrasi dilingkup Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan melaksanakan evaluasi jabatan guna menetapkan kelas dan nilai jabatan dalam rangka mewujudkan instrument pemberian TPP berbasis kelas jabatan dan kinerja pegawai (e-kinerja).

Baca Juga :  Dandim Bagikan Musaf Al Qur'an dan Juz Ama Pada Warga

Agar pelaksanaan Reformasi Birokrasi dapat berjalan baik, sekali lagi diperlukan adanya komitmen yang dimulai dari pucuk pimpinan dan diikuti oleh semua unsur yang terlibat dan kemudian melaksanakan Reformasi Birokrasi sesuai dengan kapasitas dan tanggung jawab masing-masing.

Dengan kehadiran narasumber baik dari Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur yang ditunjuk oleh Kementerian PAN dan RB maupun dari Kementerian PAN dan RB dapat digali lebih dalam ilmu yang ditularkan oleh Narasumber guna melaksanakan Reformasi Birokrasi di Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Oleh karenanya diharapkan Kepala SKPD beserta seluruh peserta Sosialisasi dan Bimtek dapat mengikuti dengan baik serta bertanggung jawab terhadap esensi substansi yang disampaikan oleh narasumber.

(yon)

Berita Terkait

LHP BPK Kab. Bojonegoro Sudah Diserahkan Ke Ketua DPRD Tapi Tak Dibagikan Pada Anggota
16 Lowongan Parades Di Sukosewu, Jangan Lempar Bola Panas Ke Kecamatan
Hoax Kabar Penghentian Hibah BKD Dari KPK
Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kementerian PAN RB Lakukan Rakor Online
Miris, Masih Ada Jalan Poros Desa Berlumpur di Bojonegoro
PDIP : Pemkab Harus Berikan Solusi Soal Kelambatan Pencairan ADD
Duh, 53 Desa Di Bojonegoro Belum Mengajukan Pencairan ADD., Ada Apa ?
Duh… Belum Terima Gaji Bulan Maret, ASN Dinas Sosial Bingung Cari Talangan

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00