oleh

Kemenpan-RB Nilai Pelayanan Publik di RSUD Koesma Penuhi Standart

TUBAN. Netpitu.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Koesma kembali mendapatkan kesempatan untuk peninjauan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan-RB) RI.

Setelah beberapa waktu lalu mendapat kunjungan dari Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB RI, kali ini Kemenpan RI melalui Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan melakukan peninjauan kaitannya dengan penerapan Zona Integritas di RSUD dr. R. Koesma Tuban (30/10/2019).

Didampingi Direktur RSUD dr. R. Koesma Tuban dan sejumlah pejabat lainnya, tim Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan-RB RI meninjau sejumlah fasilitas dan pelayanan di RSUD dr. R. Koesma Tuban.

Usai melakukan peninjauan, RSUD dr. R. Koesma Tuban dinilai sangat bagus kaitannya kinerja pegawai dan pelayanan publik.

Koordinator Tim dari Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan-RB RI, Safina Ariyani menjelaskan peninjauan ini dimaksudkan untuk memastikan pelayanan di RSUD dr. R. Koesma Tuban telah berjalan sesuai regulasi.

Salah satunya memberikan pelayanan kesehatan tanpa membedakan pasien umum maupun BPJS.

“Tujuannya, tercapai pelayanan publik yang lebih berkualitas,” jelasnya.

Selain itu, untuk mengetahui kinerja dari SDM maupun pegawai RSUD dr. R. Koesma Tuban lainnya, kaitannya dengan menghilangkan gratifikasi, suap maupun korupsi.

“Ini menjadi fokus utama penerapan Zona Integritas di RSUD dr. R. Koesma Tuban,” ungkapnya.

Safina Ariyani juga mengapresiasi atas berbagai inovasi dan fasilitas yang terus dikembangkan RSUD dr. R. Koesma Tuban.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. R. Koesma Tuban, dr. H. Saiful Hadi mengungkapkan dengan adanya penilaian ini, RSUD dr. R. Koesma Tuban dapat termasuk dalam Wilayah Bebas dari Koruspi (WBK).

Tidak hanya itu, dapat menjadi percontohan bagi OPD; instanti pemerintahan; maupun pihak swasta lain di Kabupaten Tuban.

Saiful Hadi menambahkan tujuan utama adalah dapat menjadi rujukan dan memberikan kepuasan kepada pasien yang mencakup pelayanan cepat dan tepat; murah dan nyaman.

RSUD dr. R. Koesma Tuban juga senantiasa meningkatkan kinerja dan pelayanan termasuk berkaitan Zona Integritas.

Guna menunjang upaya peningkatan tersebut, RSUD dr. R. Koesma Tuban mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

(met)